ini adalah area sempit, ruang tanpa gelar akademik, gelar keagamaan, gelar kepangkatan, gelar kehartaan, gelar kebudayaan, gelar-gelar yang mempersempit ruang nurani digelar

23/02/2014

23/02/2014

baca dulu

baca dulu

Friday 25 February 2011

Astaga! Ferry dalam Foto itulah yang Terbakar!

Kemarin malam saya sulit tidur. Iseng-iseng untuk mendatangkan kantuk, saya membuka file berisi foto-foto yang pernah saya buat. Sesekali mengedit foto yang saya pandang perlu untuk melakukannya.

Beberapa foto yang saya buka adalah hasil jepretan sewaktu saya menengok anak pertama yang bersekolah di Jakarta pada sekitar tanggal delapan belas sampai dua puluh satu bulan Agustus Dua ribu sepuluh silam. Foto-foto dimaksud, di antaranya adalah hasil jepretan di atas ferry yang saya tumpangi dari Bakauheni - Merak pada antara jam sebelas sampai tiga belasan.

Sembari edit sana - edit sini,  terlintaslah dalam pikiran saya akan beberapa jepretan yang terfokus pada sebuah ferry lain yang berlayar beriringan dengan ferry yang saya tumpangi tak jauh dari pelabuhan Merak. Saya penasaran, siapa tahu yang saya jepret itu adalah ferry yang terbakar pada Januari 2011 silam.

Saya buka internet dan berburu di 'Mbah Google' untuk mencari berita tentang ferry yang terbakar itu. Dan ketemu.  Selesai.  Nama ferry (kapal roro) sudah saya kantongi, tinggallah kini membuka lagi file foto di komputer.

Pada sebuah foto ferry, saya melakukan pembesaran gambar seperlunya ... , Astaga! Terbacalah oleh saya, di lambung ferry tertulis "Laut Teduh 2"! Sama dengan berita di 'Mbah Google' itu!

1. Ferry itu!

Benar, ferry yang terbakar itu ternyata sama dengan yang saya bidik dari atas ferry yang saya tumpangi. Saya tertegun sejenak.

2. Ferry itu!

Satu lagi, sekedar untuk Anda ketahui bahwa sebelum peristiwa kebakaran terjadi,  salah satu foto saya dengan obyek ferry  "Laut Teduh 2",  ternyata jauh hari sudah  nampang  di blog ini! Silakan lihat di galeri sastrombudeg.

Weleh-weleh! Suatu kebetulan yang mengesankan bagi saya. Meski pun baru sekarang ingat dan menyadarinya.

----------------------------------------------------------------------------------------
3. Pelabuhan Merak Banten
4. Pelabuhan Merak Banten
5. Pelabuhan Merak Banten

Keterangan:  
Seluruh foto dalam postingan ini adalah koleksi pribadi sastrombudeg. Kata 'ferry ' menurut para ahli bahasa - istilah maritim - sebenarnya tidak tepat, yang benar adalah 'kapal roro'. Tetapi kata 'ferry' tetap saya pertahankan dalam artikel ini mengacu kebiasaan sebutan 'ferry' di masyarakat kita. Saya takut, dengan memakai istilah 'kapal roro', nanti timbul pertanyaan di kepala Mbahmo alias Sastrondower: 

"Alangkah kaya Mbak Roro itu, punya kapal begitu banyak, mondar-mandir Bakauheni Merak!"


http://sastrombudeg.blogspot.com