ini adalah area sempit, ruang tanpa gelar akademik, gelar keagamaan, gelar kepangkatan, gelar kehartaan, gelar kebudayaan, gelar-gelar yang mempersempit ruang nurani digelar

23/02/2014

23/02/2014

baca dulu

baca dulu

Sunday 4 October 2015

Unduh Buku Induk Siswa SMA Ukuran A3

Buku induk siswa SMA ini saya buat secara melintang (landscape) ukuran A3. Perlu diperhatikan, setting di Word ukuran custom size 42.0 cm (420 mm) dan 29.7 cm (297 mm) dengan margin dilihat sendiri pada unduhan ini. Demikian juga pada setting printer (ini harus memakai printer yang mengakomodasi ukuran kertas A3, atau lebih bagus pada mesin fotokopi yang dapat dihubungkan dengan komputer-misal Canon iR5000). Pada unduhan tersebut, terdapat dua halaman, halaman satu berisi biodata siswa, halaman dua berisi nilai siswa per semester. Catatan, jangan ubah margin pada unduhan, karena sudah diset untuk jilid buku bolak-balik. Langkah printingnya, print dulu halaman satu sejumlah yang diinginkan (misal 200 lembar), setelah itu kertas dimasukkan ke baki kertas printer untuk diprint halaman duanya. Tes dulu satu dua lembar dulu, kebalik-balik apa tidak teksnya, kalau kebalik, seluruh halaman kertas yang di atas dibalik menghadap ke bawah. Bila sudah tercetak semua, jilidlah dalam bentuk jilidan hard cover (jilid keras dan tebal seperti skripsi).

Saya menganjurkan, apabila terdapat perubahan data, jagalah supaya tidak ada pergeseran halaman kertas, karena akan mempengaruhi tata letak.

Lebih afdol lagi, teks dalam format word diubah menjadi bitmap, caranya, blok halaman satu, copy, buka Coreldraw (setting A3), paste, klik dulu teks tadi, biarkan sebentar, kemudian klik mouse di luar teks tadi. Klik lagi, buat bitmap grayscale, kemudian atur tata letak (margin kanan-kiri sesuaikan untuk penjilidan nanti. Blok halaman dua dan lakukan langkah seperti tadi.

Dengan buku induk ukuran A3, buku induk akan terlihat paling besar di antara arsip sekolah (seperti album), sehingga akan sangat mudah dalam pencarian apabila salah letak oleh karena sesuatu hal.

Bingung ya? Kalau belum jelas dan bingung dapat ditanyakan ya. Salam.

http://sastrombudeg.blogspot.com